Will Smith Ikut Boikot Oscar 2016

Selasa, 1 Mar 2016 - 00:00 WIB

Will Smith akhirnya memutuskan tidak akan menghadiri acara Academy Awards atau Oscars. Ia mengikuti jejak istrinya, Jada Pinkett Smith yang sudah lebih dulu memboikot ajang penghargaan film prestisius itu.

Smith mengungkapkan keputusannya saat menghadiri acara Good Morning America. “Istriku tidak akan datang. Akan sangat canggung jika aku harus datang dengan Charlize [Theron],” ungkapnya setengah bergurau, seperti dilansir oleh Contactmusic, Jumat (22/1/2016).

“Kami telah membicarakannya dan kami adalah bagian dari komunitas ini, namun untuk saat ini kami merasa tidak nyaman untuk datang ke sana dan kami tidak bisa mengatakan semuanya baik-baik saja.”

Smith lantas mengatakan bahwa ia kecewa karena kurang beragamnya penerima nominasi Oscar pada tahun ini. Ia menegaskan bahwa keragaman adalah sebuah kekuatan bagi Amerika dan merupakan sesuatu yang harus dihargai di Amerika.

Menurutnya, nominasi Oscars tahun ini yang didominasi aktor dan aktris kulit putih mencerminkan kemunduran bagi Academy sendiri.  Mereka justru membuat perselisihan karena dianggap telah rasialis.

Ini merupakan kali kedua berturut-turut Academy tidak mencantumkan aktor kult hitam dan minoritas pada 20 nominasi akting. Aktor kulit hitam terakhir yang meraih penghargaan Oscar adalah Lupita Nyong’o pada tahun 2014.

 

(cin)