Periskop: 10 Album Paling Dinantikan di 2016

Selasa, 1 Mar 2016 - 00:00 WIB

LOS ANGELES – Merekapitulasi tahun 2015, beberapa album yang diharapkan akan keluar pada tahun 2015 ternyata tidak dirilis juga. Mendekati penghujung tahun 2015 tampaknya tidak akan ada lagi musisi yang akan merilis album dalam waktu dekat ini.

Berikut ini adalah album-album yang paling dinantikan peluncurannya pada tahun 2016 yang dilansir dari Consequenceofsound, Rabu (30/12/2015)

Beyonce

Hampir tepat 2 tahun yang lalu, Beyonce merilis album terbaiknya meski dia mengerjakan proyek tersebut secara diam-diam. Beyonce yang pada saat itu memang sedang dalam performa terbaiknya merilis album pada pertengahan bulan Desember tanpa memberikan isyarat sebelumnya. Ia membuktikan bahwa dirinya tidak membutuhkan bantuan promosi untuk kembali menempatkannya di tangga teratas musik pop. Lalu apa yang membuatnya kali ini begitu nyaman dengan tidak merilis album? Apa yang akan ia keluarkan selanjutnya? Tidak ada tanda-tanda Beyonce akan kembali menelurkan album baru selain kemungkinan kolaborasinya bersama Future and Bone Thugs dan Harmony. Namun jangan kaget karena Beyonce bisa saja mengeluarkan album seketika seperti yang ia lakukan sebelumnya.

Blink-182

Kisah terbesar dari cerita Blink-182 adalah kekacauan dan perpecahan aneh antara Tom Delonge dan Travis Barker/Mark Hoppus, yang kemudian merekrut Matt Skiba dari Alkaline Trio untuk mengambil alih posisi vokal dan gitar. Inkarnasi dari band ini muncul pertama kali pada akhir Maret, dan Skiba membuktikan bahwa dirinya adalah personil tambahan yang solid. Rupanya trio baru ini sangat senang bergaul bersama dan merekam lagu baru. Barker pun baru-baru ini mengatakan kepada NME bahwa mereka telah memiliki lima lagu baru, salah satunya adalah Punk Rock Cliche. Akan menjadi sebuah album menarik untuk menyaksikan performa terbaru Blink-182 dalam sebuah album baru, bukan?

Drake

Pada tahun 2015, Drake mencapai kesuksesan yang besar. Dengan albumnya yang berjudul “If You’re Reading This It’s Too Late”, sebuah rekaman kolaborasinya bersama Future dan tentu saja hits Hotline Bling yang sangat terkenal. Dia dikabarkan masih akan bekerja sama bersama T Dot, dan produser lamanya Noah “40” Shebib. Rumor mengatakan bahwa beberapa musisi dari mulai Beyonce sampai Skepta akan terlibat dalam album baru Drake. Ia juga merilis dua proyek terakhirnya secara mengejutkan, jadi album terbarunya bisa saja dirilis seketika.

HAIM

Duo saudara asal California, HAIM, akan segera meluncurkan album baru yang menarik. Kabarnya album baru ini akan mengangkat tema sophomore. Sejak album “Days Are Gone” yang dirilis pada tahun 2013, HAIM telah banyak berkolaborasi dengan artis-artis ternama dari berbagai jenis musik dari mulai jenis musik dance (Calvin Harris, Major Lazer), hip-hop (Kid Cudi, Pusha T), pop (Lorde, M83) sampai aliran musik rock (Tame Impala, Tobias Jesso Jr). Dengan semakin banyaknya pengalaman bermusik mereka, patut ditunggu seperti apa album terbaru HAIM nanti.

Phoenix

Terakhir kali kita mendengarkan album Phoenix adalah pada awal tahun 2014. Mereka seolah menghilang dari segala pemberitaan mengenai album barunya. Secara mengejutkan mereka pun memberikan hadiah kecil untuk tahun 2015 dengan merilis sebuah single untuk liburan berjudul Alone on Christmas Day. Para penggemar pun menantikan album terbaru dari kuartet asal Perancis tersebut pada tahun 2016 nanti.

Radiohead

Menanti peluncuran album studio kesembilan mungkin terasa seperti menanti sebuah film terbaru dari Indiana Jones. Terakhir kali mereka meluncurkan album adalah pada tahun 2011, “King of Limbs”. Pada Natal tahun ini mereka pun merilis lagu mereka untuk film James Bond Spectre yang tidak jadi dipakai sebagai soundtrack.

Sigur Ros

Ketika sebuah band menulis, “kami hanya meminta kalian untuk mempercayai kami untuk yang satu ini,” dalam sebuah pernyataan mengejutkan sebuah perasaan unik tentang sebuah optimisme tumbuh dalam diri Anda. Secara tidak langsung kalian akan menantikan album terbaru dari band post-rock Islandia ini. Album terakhir mereka yang berjudul “Kveikur” dirilis pada tahun 2013. Para penggemar menantikan dengan cemas apa yang akan dirilis oleh Jonsi, Georg Holm, dan Orri Pall Dyrason pada tahun 2016 mendatang.

Bruce Springsteen

Penyanyi yang awet muda ini berencana untuk merilis sebuah album baru. Album ini akan terlihat lebih seperti sebuah solo proyek dari dirinya dan akan dijadwalkan rangkaian tur yang didukung oleh dirinya sendiri. Belum diketahui apa judul yang akan dipilih untuk album ini, namun yang pasti album ini akan menjadi album studio berdurasi panjang pertamanya setelah “Wrecking Ball” yang dirilis pada tahun 2012. Jika Springsteen bertujuan untuk kembali melanjutkan narasi politik seperti pada album “Wrecking Ball”, dia tidak perlu melihat lebih jauh aksi kampanye presiden dari partai Republik untuk dijadikan inspirasi lagu.

The Strokes

The Strokes terlihat seperti sekumpulan saudara asing yang hanya berkumpul saat reuni keluarga, acara pesta SNL, dan festival musik. Mereka tampak sangat akrab dan baik-baik saja, namun bagi para penggemar terasa sangat frustasi untuk melihat mereka berpisah setelah sebuah acara berakhir. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, bukan tidak mungkin mereka akan merilis album baru pada tahun 2016 mengingat semuanya telah berkumpul di sebuah studio di Meksiko bernama Victoria Records. Tempat tersebut juga menjadi tempat Gordon Raphael, produser mereka menghabiskan waktunya.

Kanye West

Pada 12 Desember lalu Kanye West menuliskan dalam Twitter-nya, “aku sedang membereskan album dan koleksi terbaruku...” Tentu saja rumor ini semakin membuat para penggemarnya penasaran dengan album yang akan berjudul Swish tersebut. Mereka bertanya-tanya apakah album terbaru ini akan kembali mengulang kesuksesan Kanye saat meluncurkan album “Yeezus” pada 2014 lalu.

(okz/fik)