MALEFICENT: ADAPTASI BEBAS PUTRI TIDUR
MALEFICENT: ADAPTASI BEBAS PUTRI TIDUR

Anda masih ingat dengan cerita Putri Tidur? Dalam dongeng, permaisuri cantik dikutuk tertidur oleh penyihir jahat, dan hanya bisa diselamatkan lewat ciuman cinta sejati.

Kenapa penyihir sampai tega mengutuk bocah lugu Aurora? Lalu, bagaimana pangeran yang baru sekali bertemu putri, bisa dianggap sebagai cinta sejati dan penyelamat dengan ciumannya?

Persembahan terbaru Disney "Maleficent" menawarkan jawabannya lewat interpertasi bebas, bahkan cenderung jungkir balik, atas cerita Putri Tidur.

Tokoh Maleficent pertama kali dikenalkan dalam film kartun Disney "Sleeping Beauty" (1959). Tepat 55 tahun kemudian, penyihir yang mengutuk Putri Aurora itu, diperankan kembali oleh Angelina Jolie ("Mr & Mrs Smith", "Salt").

"Maleficent" (2014) mengeksplorasi latar belakang dan penyebab karakter antagonis tersebut. Dipicu balas dendam dan upaya mempertahankan wilayah kekuasaan sekaligus harga diri, Maleficent tetap berulah jahat.

Seperti dongeng Putri Tidur yang sudah diceritakan sejak ratusan tahun lalu, bayi Aurora dikutuk akan tertidur seperti mati pada usia 16 tahun, karena tertusuk jarum pintal. Kutuk hanya bisa dipatahkan dengan ciuman cinta sejati.

Ayah dari Putri Aurora, Raja Stefan pun menitipkan anaknya ke tiga peri baik agar bisa terhindar dari kejahatan Maleficent. Aurora pun tumbuh di pedalaman hutan, berhubungan dengan hewan dan alam sekitarnya, menjalani hari-hari indah jelang ulang tahun ke-16.

Berbeda dengan kisah klasik itu, adaptasi "Maleficent" menekankan cerita tentang hubungan Putri Aurora (Elle Fanning) dan pengutuk, yang dianggapnya sebagai peri pelindung. Maleficent mulai menyadari pentingnya kedamaian lewat sikap Aurora.

Konflik yang terbangun antara Maleficent dan Putri Aurora pun diselesaikan secara tak terduga, mirip kejutan di salah satu film terlaris sepanjang masa "Frozen" (2013), yang mendobrak beberapa pakem cerita putri ala Disney.

Meski tanpa nyanyian dan tampilan warna-warni, "Maleficent" bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Aktris Angelina Jolie juga berhasil menghidupkan Maleficent dengan kostum dan gaya misterius yang elegan.

Kesan jagoan Jolie dibalut dengan ekspresi keibuannya, membuat karakter Maleficent menjadi kompleks dan unik.

"Maleficent" ditayangkan mulai awal Juni 2014 di bioskop Indonesia.



Genre: Animasi, adventure

Studio: Walt Disney Pictures

Pemain: Angelina Jolie, Elle Fanning ("Super 8")

Sutradara: Robert Stromberg ("Avatar" co-art director)

Penulis skenario: Linda Woolverton ("Beauty and the Beast")

Durasi: 1,5 jam

Format: 2D, 3D, IMAX