Captain America: The Winter Soldier
Captain America: The Winter Soldier

Kalau rekan-rekan "The Avengers" (2012) kembali ke asalnya, Iron Man ke Malibu dan Thor ke Asgard, Steve Rogers alias Captain America melanjutkan hidup di Washington DC. 

Sesudah ditidurkan selama 70 tahun dalam "Captain America: The First Avenger" (2011), Steve bergabung dengan badan spionase yang juga berfungsi sebagai penjaga keamanan dunia, S.H.I.E.L.D.

Dibantu Natasha Romanoff aka Black Widow, Captain America menjalani misi yang membawanya ke konspirasi di tingkat pimpinan S.H.I.E.L.D. Captain America harus menghadapi misteri di balik operasi senjata masif, Insight, yang mengancam kemerdekaan umat manusia. Tentara Amerika dari Perang Dunia II itu, juga harus melawan musuh baru sekaligus teman lama, The Winter Soldier

Namun, The Winter Soldier tidak bekerja sendiri. Keterlibatan seteru dari masa lalu perlahan terkuak di balik intrik internal petinggi S.H.I.E.L.D, yang tak lain adalah bos Captain America. 

Siapakah dalang di balik ambisi jahat menguasai dunia? Mampukah Captain America menyelamatkan dirinya sendiri atau kembali harus berkorban seperti film pertama? "Captain America: The Winter Soldier" dari Marvel Studios berusaha menjawabnya.

Dengan cerita berlapis bertema politik yang tidak sesederhana di komik, Captain America tampil lebih elegan dengan kostum gelap. Ciri khas bintang putih pun berganti dengan warna silver, dilengkapi perisai biru-merah sebagai senjata andalan. Seiring perkembangan jaman, tim pendukungnya pun beralih menjadi Black Widow, superhero baru Falcon, direktur dan agen S.H.I.E.L.D.

Kemampuan bela dirinya pun makin modern dengan jurus kung fu dan jujitsu, tidak lagi pukulan atau tendangan ala tahun 40-an. Sementara itu, kekasih baru Steve Rogers untuk menggantikan Peggy Carter, belum banyak diceritakan, meski tokoh Sharon sudah mulai diperkenalkan.

"Captain America: The Winter Soldier" mulai ditayangkan pada tanggal 2 April 2014 di bioskop Indonesia, dalam format 2D, 3D, dan IMAX 3D.

 

Sutradara: Anthony & Joe Russo

Pemain: Chris Evans, Samuel L. Jackson, Scarlett Johansson, Robert Redford

Genre: Action, adventure

Durasi: 136 menit

Budget: US$ 170 juta (Rp 192 miliar)

 

Distributor: Walt Disney Studios Motion Pictures