JACK RYAN SHADOW RECRUIT: A NEW BEGINNING
JACK RYAN SHADOW RECRUIT: A NEW BEGINNING

John Patrick "Jack Ryan" (Chirs Pine) direkrut CIA menjadi analis keuangan dan ditempatkan di Wall Street untuk menjaga keseimbangan perekonomian AS. Suatu hari Jack menemukan rencana asing untuk menghancurkan perekonomian AS dengan serangan teroris. Viktor Cherevin (Kenneth Branagh), pengusaha asal Rusia yang mendapat perintah dari otoritas lebih tinggi, ternyata adalah otak di belakang serangan terror ini. Demi mengetahui rencana ini, Jack meminta izin untuk menyelidiki langsung ke Rusia dengan mengatasnamakan auditor Wall Street.

Jack disambut oleh seorang pria yang menyebut dirinya sebagai pengawal yang diutus oleh Cherevin. Namun setelah sampai di hotel, pria ini justru berusaha membunuhnya. Jack yang pernah menjadi marinir berhasil menyelematkan diri dan membunuhnya. Gemetaran dan takut dengan situasi ini, jack menghubungi CIA. Jack diperintahkan menunggu di alun-alun kota Moskow. Disini Jack bertemu kembali dengan atasannya, Thomas Harper (Kevin Costner), yang merekrut Jack 10 tahun lalu. Bersama Thomas dan timnya, Jack mencoba meretas data-data yang disembunyikan Cherevin. Jack harus bergerak cepat karena sesuatu yang dilakukan Cherevin berpotensi mengakibatkan AS mengalami ‘The Second Great Depresion’. Namun bukan film action namanya kalau tidak ada romance yang menambah ruwet cerita. Tunangan Jack, Cathy Muller (Keira Knightley), tiba-tiba muncul di Moskow untuk membuktikan Jack tidak selingkuh.

Film ‘Jack Ryan: Shadow Recruit’ dimulai agak lambat untuk genre action. Ketika wajah aslinya muncul, adegan actionnya berlangsung cepat, tidak seperti film action pada umumnya yang lebib banyak menununjukkan adegan berkelahi dan tembakan. Seperti judulnya, Jack direkrut sebagai analis keuangan dan merupakan mata-mata CIA yang ditempatkan di Wall Street, hanya bayangan. Jack tak pernah menduga akan terjun ke lapangan. Namun kecintaannya pada negaranya memaksanya turun sama seperti ketika ia memutuskan berhenti sekolah di London saat tragedy 9/11 terjadi, dan memilih menjadi marinir untuk mengabdi kepada negara.

Jack Ryan adalah tokoh fiksi ciptaan novelis Tom Clancy. Anda penggemar novel Tom Clancy, mungkin sudah menonton beberapa film adaptasi novelnya yang juga dibintangi aktor-aktor seperti Alec Baldwin (“The Hunt for Red October”), Harrison Ford (“Patriot Games,” “Clear and Present Danger”) dan Ben Affleck di “The Sum of All Fears”. Jack Ryan: Shadow Recruit bukanlah adaptasi novel Tom Clancy. Film ini murni ditulis oleh screenwriter Hossein Amini meski tetap menggunakan karakter Jack Ryan. Bisa dibilang ini sebagai permulaan bagaimana Jack Ryan kemudian menjadi agen CIA. Jack Ryan: Shadow Recruit dipersembahkan untuk Tom Clancy yang meninggal pada 1 Oktober 2013 dan akan tayang secara global pada 16 Januari 2014.



Title : Jack Ryan: Shadow Recruit

Duration : 105 minutes

Starring : Chris Pine, Kevin Costner, Keira Knightley, Kenneth Branagh

Director :Kenneth Branagh
 

(st)