The Hobbit: The Desolation of Smaug
The Hobbit: The Desolation of Smaug

"The Hobbit: The Desolation of Smaug" ditayangkan perdana pada hari Jumat (13/12), dengan menghasilkan 31 juta dolar di Amerika Serikat saja. Adaptasi salah satu mahakarya J.R.R. Tolkien "The Hobbit" ini, diharapkan bisa mengumpulkan 71 juta dolar di jajaran box office pekan ini.

Film kedua dari trilogi tersebut, masih disutradarai sineas pemenang Oscar, Peter Jackson. Ketiga cerita "The Hobbit" berlatar di Middle-earth, 60 tahun sebelum "The Lord of the Rings: Fellowship of the Ring", yang membawa Peter menjadi pemenang Academy Award lewat "The Lord of the Rings: The Return of the King".

Dalam novel yang diterbitkan di Indonesia oleh Gramedia Pustaka Utama, tokoh Bilbo Baggins diceritakan sebagai hobbit penyuka hidup nyaman, tidak ambisius, dan jarang berpergian jauh, selain ke gudang makanan di lubang hobbit Bag End.

Kehidupannya terganggu ketika penyihir Gandalf dan 13 kurcaci mengajak Bilbo untuk mencari harta karun, yang diambil naga Smaug.

Perjalanan mereka tidak mudah, karena harus menghadapi berbagai pertarungan antara kelompok peri (elf), manusia, kurcaci, dan pasukan The Necromencer (atau yang dalam The Lord of the Rings disebut Sauron, sang musuh utama).

Film "The Hobbit: The Desolation of Smaug" bercerita tentang kisah petualangan sama, dengan interpertasi bebas seperti hadirnya peri cantik, Tauriel, lengkap dengan kisah segitiganya.

Tokoh Bilbo Baggins, penyihir Gandalf, dan 13 kurcaci pimpinan Thorin Oakenshiled, masih berjuang merebut kembali the Lonely Mountain dan Kerajaan Kurcaci Erebor yang hilang.

Setelah perjalanan tak terduga "The Hobbit: An Unexpected Journey" (2012), rombongan menuju ke Timur, menghadapi makhluk yang bisa berganti kulit Beorn, dan hutan penuh laba-laba raksasa di Mirkwood. 

Mereka juga sempat ditahan di kerajaan para peri (elf), namun berhasil melarikan diri berkat cincin sakti yang bisa membuat Bilbo menghilang. Saat melanjutkan perjalanan ke Lake Town mendekati the Lonely Mountain, para kurcaci harus menghadapi bahaya demi bahaya. 

Mulai dari kejaran pasukan Orc yang mengabdi ke Necromancer (Sauron dalam The Lord of the Rings) sampai ancaman terbesar, yang menguasai harta bangsa kurcaci, Naga Smaug.

Seperti rangkaian "The Lord of the Rings", kisah fantasi ini juga sangat memanjakan penontonnya dengan efek visual. Saking kerennya, Editor Hitfix.com Kristopher Tapley berpendapat, special efects di "The Hobbit: The Desolation of Smaug" layak masuk di nominasi Oscar tahun depan.


Pemain: Martin Freeman, Ian McKellen, Richard Armitage, Orlando Bloom.
Genre: Adventure
Durasi: 161 menit
Studio: New Line Cinema, Metro-Goldwyn-Mayer, WingNut Films
Distributor: Warner Bros. Pictures
Format tayang: 3D dan 2D