Ben Affleck Berpotensi Mundur Dari Peran ‘The Batman’, Denis Villeneuve Dilirik Jadi Sutradara Baru
Ben Affleck Berpotensi Mundur Dari Peran ‘The Batman’, Denis Villeneuve Dilirik Jadi Sutradara Baru

The Batman rupanya masih belum terbebas dari masalah serius. Tidak lama pasca Ben Affleck mengurungkan niatnya jadi sutradara agar bisa fokus memerankan Batman, kini muncul kabar mengecewakan lain yang lebih mengejutkan.

Menurut sumber dari jurnalis Forbes Mark Hughes, ada potensi Affleck juga akan melepas peran superhero-nya di The Batman, alhasil ia tinggal bertugas sebagai penulis naskah dan produser. Jika Affleck nantinya memang tak lagi memerankan Batman, tentu ini akan menjadi pukulan telak terhadap DC Extended Universe, mengingat Affleck adalah salah satu pemain pilar.

“Sayangnya, diantara banyak hal yang saya dengar terkait mundurnya dia sebagai sutradara, saya mendengar beberapa hal spesifik yang – jika benar – membuat saya khawatir bahwa ada kemunngkinan Affleck juga batal membintangi The Batman. Saya rasa masalah tersebut takkan sampai terjadi, dan saya masih berharap Affleck akan menyelesaikan skrip sesuai rencana dan kemudian mulai mempersiapkan fisik dan mentalnya untuk peran Batman. Bagaimanapun, kini saya berkeyakinan ada potensi Affleck mundur sebagai aktor, sehingga ia tinggal bertugas sebagai penulis naskah dan produser,”papar Hughes.

Setelah Batman v Superman dan Suicide Squad, Affleck sendiri akan kembali berkostum Batman di Justice League yang akan tayang November 2017. Bukan mustahil, kualitas atau kesuksesan Justice League dapat mempengaruhi keputusan Affleck untuk menentukan apakah ia akan tetap bertahan atau justru meninggalkan peran Batman.

Sementara itu, sepeninggal Affleck dari bangku sutradara The Batman, Warner Bros. langsung bergerak mencari sutradara baru. Nama-nama yang berpeluang menjadi pengganti Affleck sebagai sutradara pun telah mencuat. Diantaranya, Matt Reeves (War for Planet of the Apes), Gavin O’Connor (The Accountant), Matt Ross (Captain Fantastic), George Miller (Mad Max: Fury Road) hingga yang kaliber Oscar, Denis Villeneuve (Arrival).

Miller sebelumnya sempat menggarap Justice League Mortal tahun 2007 dengan Armie Hammer sebagai Batman, sebelum akhirnya film ini dibatalkan. Namun satu hal yang patut diketahui, Miller pernah menegaskan ia akan membuat film kecil pasca Fury Road. Sementara Villeneuve, kini sedang mempersiapkan Blade Runner 2049, dan belakangan ia dikabarkan terlibat dalam pengembangan reboot film sci-fi Dune.

Diantara semua kandidat, Reeves mungkin jadi pilihan paling potensial karena ia belum menemukan proyek baru selepas merampungkan War for Planet of the Apes. Terlebih, kemampuan Reeves menangani film blockbuster juga telah teruji lewat Dawn of the Planet of the Apes, yang kebetulan juga memiliki atmosfer dan karakter kelam seperti film-film Batman itu sendiri.

(movienthusiast)