Lima Fakta Menarik tentang Black Panther
Lima Fakta Menarik tentang Black Panther

LOS ANGELES – Marvel Studios memperkenalkan satu superhero baru dalam film terbarunya Captain America: Civil War. Dia adalah Black Panther, yang akan diperankan oleh Chadwick Boseman.  Meski dia telah malang melintang di Marvel Cinematic Universe selama beberapa dekade, kisah asli dan kemampuan yang dimilikinya masih dirahasiakan oleh pihak Marvel dan baru akan diceritakan dalam film solonya yang akan dirilis pada tahun 2018.

Setelah tampil dalam Captain America: Civil War, berikut adalah 5 fakta tentang Black Panther yang dilansir People:

1. Superhero Afrika-Amerika Pertama

Anthony Mackie/Falcon memang menjadi superhero pertama yang muncul di MCU, namun sesungguhnya Black Panther adalah superhero pertama yang muncul di dalam komiknya.

Karakter tersebut muncul di tahun 1966 dalam edisi Fantastic Four. Karakter tersebut telah ada sebelum partai politik militant dengan nama yang sama hadir dalam komik karya Stan Lee dan Jack Kirby tersebut. Agar tidak membingungkan, namanya pun diganti menjadi Black Leopard pada waktu itu.

2. Dia adalah Pangeran

Black Panther adalah sosok seorang pangeran yang mendapat gelar secara turun-temurun dari kerajaannya di negara Afrika fiksi bernama Wakanda.

Pada Captain America: Civil War, nama asli Black Panther adalah T’Challa, pangeran yang sedang memerintah Wakanda. Negara dari Afrika tersebut dikenal memiliki teknologi paling maju di sana, dengan pasokan sumber daya alam besar dari vibranium – jenis logam yang sulit dihancurkan seperti yang digunakan untuk membuat tameng Captain America.

T’Challa tidak seperti pangeran-pangeran lain yang hanya memerintah di sebuah kerajaan. Ia sering kali turun tangan dalam menumpas kejahatan seperti yang dilakukannya kini.

3. Kemampuan Asli Black Panther

Dalam buku komik, kemampuan asli Black Panther adalah kecepatan, kekuatan, dan kelincahannya. Dengan pertimbangan beberapa factor, Marvel menampilkan Black Panther dengan memiliki teknik bertarung yang ia pelajari dari latihannya di hutan.

“Kemampuannya terbentuk dari beberapa binatang, tidak hanya kucing. Dia bisa menjadi ular, atau berbagai gaya lainnya. Tentu saja ada juga kemampuan untuk melakukan capoeira (seni bela diri asal Brasil),” ungkap Boseman saat diwawancara beberapa waktu lalu.

Senjata andalannya pun terletak pada tangannya yang bisa memunculkan cakar tajam dari vibranium, yang sudah tidak diragukan lagi kekuatannya.

4. Dia Memilih untuk Tetap Netral

Lantas, di pihak manakah Black Panther berdiri dalam film Captain America: Civil War? Tim Captain America atau Tim Iron Man? Black Panther memilih untuk tidak memilih dua kubu tersebut.

“Dia adalah seseorang yang tidak mementingkan untuk memilih salah satu kubu dan tujuannya tidak ada dalam tujuan Captain atau tujuan Iron Man. Dan saya pikir hal itu yang akan membawanya ke dalam konflik ganjil dengan kedua karakter tersebut pada waktu yang berbeda dalam filmnya,” ujar Nate Moore, eksekutif produser Captain America: Civil War.

5. Kostum Terbaik

Selain Iron Man, yang dilengkapi dengan kostum berteknologi canggih, Black Panther juga memiliki kostum terbaik yang dilengkapi dengan teknologi paling maju dalam film tersebut.

“Panther terlihat sangat keren dan dia terlihat begitu tangguh, serta memiliki factor intimidasi dari kostum yang dikenakannya,” kata Anthony Russo, sang sutradara.

Seperti dikatakan sebelumnya, Wakanda memiliki sumber daya alam vibranium yang melimpah. Dalam dunia Marvel, vibranium merupakan metal terkuat yang sering digunakan oleh superhero.

Hal itu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Black Panther dalam membuat kostumnya. Ia membuat kostumnya tak terhancurkan dengan bermodalkan vibranium.

“Kostum ini tidak hanya tahan lama, ia juga memiliki kemampuan untuk menyerap energy. Bukan seperti Anda memukulnya dan ia kebal terhadap pukulan, namun kemampuannya adalah menyerap serangan tersebut dan membalas serangan tersebut. Itulah salah satu kekuatan dari kostumnya,” jelas Boseman.

(edi)