Minum Susu pada Setiap Usia Beda Manfaatnya
Thursday, 08 June 2017
Minum Susu pada Setiap Usia Beda Manfaatnya

KALSIUM menjadi mineral dasar pembentuk tulang manusia. Semakin baik asupan kalsium dalam tubuh, maka pembentukan tulang pun semakin baik.

Salah satu makanan yang mengandung kalsium baik adalah susu. Konsumsi susu mulai dari bayi sampai dewasa akan memberikan dampak yang baik pada tulang. Permasalahan tulang pun menjadi lebih minim.

Nah, konsumsi susu bila dilihat dari usia peminumnya, ternyata memiliki manfaatnya masing-masing. Tentu berbeda manfaat susu bagi anak-anak dengan orang dewasa. Namun, yang perlu digarisbawahi adalah konsumsi susu sehat dan segar akan memberikan efek yang baik untuk kesehatan manusia.

Dijelaskan Ahli Gizi dan dosen gizi di Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II dr Marudut, setiap tahapan kehidupan, kebutuhan konsumsi kalsium menjadi kunci utama untuk menjaga kesehatan tubuh khususnya tulang.

Bicara mengenai usia 1000 hari pertama, susu sangat penting untuk pembentukan protein otak. Sebab, susu dapat memasok energi untuk aktivitas sehari-hari serta protein dan kalsium untuk pertumbuhan tubuh yang optimal.

"Sistem otak di usia itu pun sedang berkembang. Jadi, ketika asupan susu itu cukup makan perkembangan otaknya pun menjadi lebih baik," katanya pada acara Diskusi Cerdas Frisian Flag Indonesia Seri 2 "Dari kecil hingga dewasa: Manfaat Susu untuk Perkembangan Tahap Kehidupan yang Optimal", Rabu sore (7/6/2017).

Kemudian, manfaat susu untuk anak remaja pun pastinya berbeda. Susu bagi remaja diperlukan untuk perkembangan jaringan tubuh. Dengan asupan yang baik, sambung dr Marudut, perkembangan sistem reproduksi yang baik dan meningkatkan mineral kalsium pada tulang. Selain itu, rutin mengonsumsi susu di usia ini juga dapat berperan sebagai investasi kalsium.

"Pencegahan osteoporosis dilakukan sudah sejak dini akan memberikan dampak yang baik," terangnya.

Dan mengonsumsi susu di usia dewasa pun memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah membantu menyediakan zat gizi yang berkualitas baik yang diperlukan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Hal tersebut pun menurunkan risiko penyakit degeneratif.

(okezone/hel)